Jumat 10 Dec 2021 14:48 WIB

Pemkot Bandar Lampung Bayar Tunggakan Insentif RT

Pembayaran tunggakan hanya untuk April 2021 delapan bulan lainnya dibayarkan bertahap

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (tengah)
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemkot Bandar Lampung akhirnya membayar insentif ketua RT, kepala lingkungan, petugas linmas, Babinkamtibmas/Babinsa yang tertunggak berbulan-bulan. Namun, pembayaran tunggakan insentif hanya untuk bulan April 2021, sedangkan delapan bulan lainnya rencananya akan dibayarkan bertahap ke depan.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana meminta maaf atas telatnya pembayaran insentif tersebut. Ia berjanji tidak akan terlambat lagi untuk memberikan dana operasional untuk ketua RT, kepala lingkungan, petugas Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Baca Juga

“Paling lambat nanti sebulan,” kata Eva Dwiana saat menyerahkan pembayaran insentif secara simbolis di Kecamatan Wayhalim, Bandar Lampung.

Menurut dia, ke depan jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung menunjukkan angka membaik, insentif akan baik, khususnya untuk petugas Linmas. Sedangkan ketua RT dan kepala Lingkungan sudah besar Rp 1,75 juta.

“Insentif tersebut terbesar se-Indonesia,” ujar Eva, mantan anggota DPRD Lampung.

Dengan cairnya insentif tersebut, ia berharap tugas dan fungsi masing-masing pamong dapat berjalan sesuai dengan tupoksinya, dan tetap semangat dalam menjalan tugas dan memberikan pelayanan terbaik kepada warganya.

Ia mendapat laporan ada pamong yang malas menjalankan tugasnya dan tidak mau kerja. Mengenai pamong yang berulah, Eva mengatakan menjadi ketua RT dan ketua Lingkungan tidak mengenal usia dan pendidikan. Jadi, bila ada pamong yang tidak mau kerja, tidak usah dipilih lagi.

“Kalau yang tidak mau kerja, coret saja,” katanya.

Suhardi, salah seorang pamong di Kaliawi mengatakan, insentif tersebut sangat dibutuhkan keluarga untuk mencukupi keperluan rumah tangga, apalagi masa pandemi Covid-19.

“Tadinya lancar, tapi belakangan telat terus. Kami sangat berterima kasih kalau insentif dibayar lancar karena untuk rumah tangga juga,” kata bapak dua anak tersebut.

Sejumlah pamong mulai mencairkan insentif di berbagai yang ditunjuk Pemkot Bandar Lampung diantaranya Bank Waway milik Pemkot Bandar Lampung, dan juga dapat mencairkan di BRI.

Camat Bumi Waras Riana menyatakan, pembayaran insentif tersebut hanya untuk bulan April 2021. Sedangkan sisanya sekitar delapan bulan akan dibayarkan bertahap ke depan.

Menurut dia, besaran insentif untuk ketua RT dan kepala lingkungan Rp 1.750.000, sedangkan petugas Linmas Rp 750 ribu. Insentif Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rp 2 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement