Kamis 09 May 2024 06:27 WIB

Mualaf Patrice Beaumelle Sang Pelatih Bola Jatuh Cinta kepada Islam, Begini Kesannya

Patrice Beaumelle memeluk Islam pada 2023 lalu

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Patrice Beaumelle memeluk Islam dan menemukan kedamaian di dalamnya.
Foto: Dok Istimewa
Patrice Beaumelle memeluk Islam dan menemukan kedamaian di dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT — Pelatih sepak bola Prancis Herve Renard, Patrice Beaumelle, yang melatih klub Mouloudia d’Alger di liga sepak bola Aljazair sejak Maret 2023, telah memeluk Islam. Dia mengucapkan dua kalimat syahadat, setelah selesai sholat Jumat pada April lalu.

Beaumelle, yang merupakan mantan asisten pelatih Herve Renard, secara resmi mengumumkan perpindahan agamanya hari ini di Masjid Djenane Mabrouk di El Harrach, pinggiran kota Aljir, menurut laporan lokal.

Baca Juga

Dilansir dari Morocco World News pada Jumat (3/5/2024), sebuah video online yang dibagikan secara luas menunjukkan Beaumelle tengah berada di sebuah masjid. Di dalam masjid tersebut, ia mengungkapkan kebahagiaan dan kehormatannya karena bergabung dengan agama Islam.

Kabar mengenai perpindahan agama Beaumelle beredar luas di dunia maya selama lebih dari sepekan sebelum pengumuman resminya. Ketika ditanya mengenai hal itu dalam wawancara dengan Ennahar TV pada 15 April, Beaumelle tidak membenarkan ataupun membantah rumor tersebut. Dia menegaskan bahwa dia sendiri yang harus berbicara tentang keyakinannya.

Dia mengkritik penyebaran informasi pribadi tersebut tanpa persetujuannya dan menekankan hak privasinya.

Karier Beaumelle di sepak bola mencakup peran bermain dan melatih. Sebagai pemain, dia adalah seorang bek, terutama di tim yunior di Stade Beaucairois dan Nîmes.

Namun, namanya mulai naik daun ketika ia mulai berkarir sebagai pelatih. Pada 2010, Beaumelle menjadi asisten Renard untuk tim nasional Angola dan pada 2011 ia menjadi asisten Renard di klub Aljazair USM Alger.

Beaumelle juga sebelumnya pernah menjadi asisten manajer Renard di tim Nasional Zambia sejak 2011. Setelah Renard meninggalkan jabatannya pada tahun 2013 untuk memimpin FC Sochaux, Beaumelle ditunjuk sebagai penggantinya.

Setelah penunjukan Herve Renard sebagai manajer Pantai Gading pada 31 Juli 2014, Beaumelle menyerahkan pengunduran dirinya kepada Asosiasi Sepak Bola Zambia, dan bergabung dengan Tim Nasional Pantai Gading sebagai asisten Renard.

Beaumelle juga mengambil peran manajerial, seperti masa jabatannya sebagai pelatih kepala tim nasional Pantai Gading dan posisinya saat ini sebagai pelatih kepala tim nasional Pantai Gading.

Dalam unggahan stori di sosial medianya hari ini, Jumat (3/5/2024), Beaumelle mendapatkan sebuah alquran dengan terjemahan bahasa Prancis. Diunggah oleh Annahar, alquran tersebut didedikasikan untuk Beaumelle yang telah memeluk Islam. 

“Mendedikasikan kitab yang diterjemahkan dalam Bahasa Prancis kepada pelatih Al-Mawadiya Amir Beaumelle setelah ia masuk Islam.”

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Beaumelle juga menyatakan dukungannya untuk rakyat Palestina yang tengah dibombardir oleh zionis Israel.

Dalam unggahannya tersebut, yang ditulis sejak Oktober 2023, Beaumelle tengah meluruskan tentang agama Islam yang cinta damai, bukan seperti yang digambarkan oleh media-media barat. 

“Teman-teman terkasih, Saya telah tinggal di negara-negara Muslim selama hampir satu dekade, dan satu hal yang saya pelajari adalah bahwa Islam adalah agama yang damai, toleransi, dan cinta kasih. Semua ini adalah dasar dari pemikiran dari postingan sebelumnya. Oleh karena itu saya akan menghapus postingan ini karena beberapa orang yang kurang perhatian ingin menyakiti dan membuat kontroversi seputar hal ini. Pesan yang ingin menyampaikan pesan cinta, kedamaian, dan toleransi. Pesan ini tidak pernah menjadi pesan politis tetapi hanya pesan kemanusiaan. Hidup damai, panjang umur kemanusiaan,” kata dia.  

photo
Perlunya Mualaf Didampingi Mentor - (About Islam)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement